Muamalah Syar'iyyah

Bedah Buku Muamalah Syar’iyyah – Oleh: Dr. Ardito Bhinadi

Bedah Buku Ekonomi Syariah

Sebagai lanjutan dari kegiatan akademik yang secara rutin telah dilaksanakan, Sekolah Tinggi Agama Islam Minhaajurroosyidiin (STAIMI) akan mengadakan bedah buku yang berjudul Muamalah Syar’iyyah Hidup Barokah. Bedah buku akan dilaksanakan pada tanggal 16 April 2018. Buku Muamalah Syar’iyyah Hidup Barokah ditulis oleh Dr. Ardito Bhinadi, Dosen dari Fakultas Ekonomi, UPN Veteran, Yogyakarta. Berikut adalah Ringkasan (Sinopsis) isi buku yang akan dibedah.

Sinopsis Buku Muamalah Syar’iyyah

Buku Muamalah Syar’iyyah Hidup Barokah merupakan kumpulan tulisan Ardito Bhinadi yang dimuat di Majalah Nuansa, Muslimah Magazine, dan Tabloid Spirit Bisnis dengan beberapa penyelarasan tulisan. Buku ini dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan berbisnis sesuai tuntunan Allah dan Rasulullah SAW. Ada enam bagian yang dibahas secara ringan, yaitu: Muamalah Syar’iyyah Hidup Barokah; Menjauhi Transaksi yang Haram dan Solusinya; Seri Jual Beli; Bisnis Kontemporer; Mengelola Bisnis dengan Baik; dan Mengenal Lembaga Keuangan Syariah.

Bagian Pertama

Bedah buku Muamalah Syar’iyyah Hidup Barokah akan membahas isi buku yang merupakan kumpulan tulisan mengenai kewajiban bagi muslim dan muslimah untuk mencari rezeki dari Allah dengan cara yang halal dan menjauhi transaksi yang haram. Kebarokahan hidup dimulai dengan menciptakan keluarga yang bebas dari riba. Amalan-amalan yang dapat mendatangkan rezeki diuraian dalam artikel Mengelola Keluarga Kecil Bebas Riba. Bagian ini juga membicarakan tentang manusia langka di zaman akhir, yaitu pedagang yang jujur dan amanah. Allah memberikan pahala besar bagi pedagang yang jujur dan amanah.

Bagian Kedua

Dalam bedah buku akan dibahas tentang Menjauhi Transaksi yang Haram dan Solusinya membahas mengenai beberapa transaksi yang haram, dan bagaimana cara menghindarinya. Pembahasan di mulai dengan menjelaskan beberapa contoh transaksi yang haram. Bagian ini membahas pula solusi bagi yang sudah terlanjut bertransaksi barang haram dan ingin beralih ke transaksi yang halal. Beberapa contoh transaksi haram telah diberikan mulai dari jual beli murabahah, kerjasama, dan ijarah.

Bagian Ketiga

Seri Jual Beli menguraikan sejarah dan hikmah jual beli, berbagai bentul jual beli, pengertian jual beli, rukun dan syarat jual beli, dan contoh jual beli yang diharamkan. Jual beli telah dihalalkan oleh Allah dan Rasul-Nya. Namun demikian, dalam bertransaksi jual beli harus memenuhi rukun dan syarat. Jika rukun dan syarat jual beli tidak terpenuhi maka transaksi tersebut batal atau rusak. 

Bagian Keempat

Bisnis Kontemporer membahas mengenai bentuk-bentuk bisnis yang berkembang saat ini di tengah- tengah masyarakat. Beberapa bentuk bisnis yag dibahas dalam bagian ini adalah bisnis online, investasi di reksadana, e-commerce, dan pemasaran berjenjang (multi level marketing).

Bagian Kelima

Mengelola Bisnis dengan Baik memberikan contoh-contoh kasus tata kelola bisnis yang baik. Pembahasan dimulai dari menangkap peluang bisnis di bulan Ramadhan, strategi penetapan harga jual, mengelola arus kas, disiplin anggaran, mensiasati kenaikan harga, investasi yang cerdas, dan menyusun laporan keuangan.

Bagian Keenam

Mengenal Lembaga Keuangan Mikro Syariah khususnya koperasi syariah dan lembaga keuangan syariah. Bagian ini juga memberikan contoh menghitung zakat koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah (KSPPS).

About the author: admin

2 comments to “Bedah Buku Muamalah Syar’iyyah – Oleh: Dr. Ardito Bhinadi”

You can leave a reply or Trackback this post.

  1. Dhaniswara Fathoni - 18 Maret 2018 at 09:51 Reply

    Mohon info pelaksanaan bedah buku ini bertempat dimana? Ajzkh

Leave a Reply

Your email address will not be published.