Aselina Endang Trihastuti

Aselina Endang Trihastuti – Ketua Prodi Ekos Diundang ke UMY

Aselina Endang Trihastuti (Ibu AET), MBA

Presiden Direktur PT Widi Wasa Wasesa telah diundang sebagai narasumber di UMY. Aselina Endang Trihastuti (Ibu AET) adalah Ketua Program Studi Ekonomi Syari’ah STAIMI (Sekolah Tinggi Agama Islam Minhaajurroosyidiin).

Praktek Profesi Komunikasi

Universitas Muhamadiyah Yogyakarta (UMY), Fakultas Agama Islam (FAI) melaksanakan kegiatan Kuliah Tamu Praktek Profesi Komunikasi. Kegiatan dilakukan pada hari Kamis, tanggal 15 Maret 2018. Dalam kegiatan tersebut, ibu AET diundang sebagai narasumber. Ibu AET mempresentasikan topik kuliah yang berjudul “Becoming a Profesional Public Relations.

Pentingnya Humas

Menurut ibu AET, humas memiliki peran penting dalam mengelola komunikasi organisasi baik internal maupun eksternal. Fungsi humas amat dipengaruhi  oleh perkembangan teknologi. Hal itu perlu ditangani humas yang memiliki etika, moral, norma, kaidah dan etiket.

Lebih lanjut ibu AET menyatakan: “Seorang humas harus dilengkapi dengan kredibilitas, etika profesi dan profesionalisme. Semua itu untuk kelangsungan jangka panjang sebuah organisasi. Membangun hubungan dengan pemangku kepentingan dan media bagi humas adalah sebuah keniscayaan. Hubungan itu untuk membangun reputasi dan merupakan investasi. Banyak elemen yang harus dimainkan, seperti komunikasi tatap muka, kelompok, organisasi, dan bisnis. Selain itu juga perlu persuasi dan riset komunikasi sebagai dasar pengambilan keputusan.

Ciri Humas yang Kredibel

Sebagai penutup, ibu AET menyatakan, “Ciri humas yang kredibel adalah selalu berniat baik, punya pengalaman, memberi rasa aman dan nyaman. Humas yang baik perlu proaktif, kreatif, responsif dan take immediate action. Humas harus beretika dalam arti menjunjung kebenaran (tablegh), jujur (shidiq), honest (amanah), loyal (thoat), bertutur santun dan berakhlaq yang mulia. Dalam menjalankan sistem komunikasi, Humas harus dapat mengkaitkan dengan sistem sosial, politik, ekonomi, dan budaya. Semua itu melalui komunikasi bermedia dan non-media. Humas perlu pendekatan AGIL (Tarott Parsons) yaitu Adaptation, Goal Attainment, Integrated, dan Latency.

Penutup

Seluruh pengelola, staf dosen dan tenaga kendidikan STAIMI mengucapkan selamat berkarya kepada ibu AET. Semua mahasiswa UMY yang berpartisipasi dalam praktek profesi komunikasi mendapatkan pengayaan ilmu dari presentasi ibu AET. Semoga presentasi di UMY memberi nilai tambah bagi ibu AET khususnya dan STAIMI pada umumnya. Aamiiin.

About the author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.