Pelatihan SIM PMB

Staf Tendik dan Pengelola STAIMI Ikuti Pelatihan SIM PMB

Pelatihan SIM PMB

Pada hari Jumat tanggal 9 Maret 2018, Sekolah Tinggi Agama Islam Minhaajurroosyidiin (STAIMI) telah mengadakan pelatihan Sistem Informasi dan Manajemen (SIM) Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Pelatihan diadakan dalam rangka pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru STAIMI untuk tahun akademik 2018/2019. Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) baru dibawah pembinaan KOPERTAIS I, Jakarta – STAIMI terus berusaha berbenah diri dengan mengadakan berbagai kegiatan akademik dan pelatihan.
 
STAIMI Pelatihan
 

STAIMI Manfaatkan TI

Dalam era digital saat ini, pemberdayaan teknologi informasi (TI) telah menjadi keniscayaan dalam pengelolaan suatu perguruan tinggi. Untuk itu, STAIMI telah mulai merancang agar setiap urusan manajemen, informasi, dan keuangan sudah memanfaatkan teknologi digital.
 
Termasuk di dalamnya, proses penerimaan mahasiswa baru STAIMI telah dirancang dengan memanfaatkan sistem informasi digital. Dengan sistem yang dikembangkan, calon mahasiswa dapat mendaftar untuk kuliah di STAIMI dari mana saja asalkan mempunyai koneksi internet. 
STAIMI Pelatihan
“Calon mahasiswa dari ujung timur dan barat Indonesia dapat mendaftar untuk kuliah di STAIMI tanpa harus datang langsung ke Jakarta. Untuk tahun 2018/2019, pelayanan PMB secara daring (online) baru terkait dengan pengisian data calon mahasiswa dan pengunggahan dokumen persyaratannya. Ke depannya, test akademik untuk seleksi awal penerimaan mahasiswa baru pun akan dilakukan secara daring (online),” ujar Ketua STAIMI.

STAIMI Latih Staf Tendik

Agar pemanfaatan SIM PMB dapat berhasil-guna dan berdaya-guna secara maksimal maka perlu diadakan pengenalan dan pelatihan SIM PMB yang digunakan STAIMI kepada user tenaga kependidikan (Tendik) dan pengelola STAIMI. Pelatihan SIM PMB telah diikuti oleh empat orang staf Tendik dan satu orang pengelola STAIMI (Ketua Harian, Ponpes Minhaajurroosyidiin). Dalam pelatihan SIM PMB, telah dikenalkan dan didemonstrasikan, antara lain:

  • Tata cara pendaftaran mahasiswa secara daring (online),
  • Tata cara mengkonfirmasi pembayaran administrasi keuangan, dan
  • Tata cara pendaftaran ulang mahasiswa.

Peserta Pelatihan TI

Pelatihan difasilitasi oleh salah satu pengembang sistem dari Bandung (sdr. Ridwan Arifin). Nama-nama peserta pelatihan SIM PMB STAIMI adalah:
  1. M. Bahrul Ilmi (staf akademik STAIMI),
  2. Karisa Andhika (staf akademik STAIMI),
  3. Ariyanto (staf bagian keuangan STAIMI),
  4. Nur Azis (staf akademik STAIMI),
  5. Ir. Ary Akbar Asy’ari, M.M. (Ketua Harian, Ponpes Minhaajurroosyidiin). 

Pendaftaran Calon Mahasiswa STAIMI

Untuk tahun akademik 2018/2019, STAIMI telah memulai kegiatan penerimaan mahasiswa baru yang akan dilakukan dalam dua periode. Periode pendaftaran calon mahasiswa STAIMI akan dilakukan sebagai berikut:
  1. Gelombang 1. Tanggal 01 Maret-31 Mei, 2018
  2. Gelombang 2. Tanggal 01 Juni-31 Juli, 2018.
Informasi tentang PMB STAIMI tahun akademis 2018/2019 dapat diakses di website resmi STAIMI di http://staimi.ac.id atau di website pendaftaran online STAIMI di http:/staimi.ac.id/ppmb.
 
Semoga pelatihan SIM PMB STAIMI yang telah dilakukan membawa kelancaran dalam proses penerimaan mahasiswa baru STAIMI khususnya dan perkembangan STAIMI ke depan umumnya. Aaamiiin.

About the author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.