Lembaga Ekonomi Umat

Lembaga Ekonomi Umat: SemNas Prospek Ekonomi Umat 2018

Seminar Nasional Prospek Ekonomi Umat

Sebagai bagian dari kegiatan akademik, pada tanggal 22 Februari 2018, dua orang pengelola Sekolah Tinggi Agama Islam Minhaajurroosyidiin (STAIMI) telah mengikuti Seminar Nasional (SemNas) Prospek Ekonomi Umat Tahun 2018 yang dimotori oleh Lembaga Ekonomi Umat. SemNas Prospek Ekonomi Umah dilaksanakan di Gedung SMESCO Indonesia, Jakarta. Dua pengelola STAIMI yang hadir dalam SemNas Prospek Ekonomi Umat adalah:

  1. Ir. KH. M. Asy’ari Akbar, MBA. – mewakili unsur Pengurus Yayasan Minhaajurroosyidiin
  2. Dr. H. Sarji, SH., M.Pd., MM. – mewakili unsur Pengelola STAIMI

Lembaga Ekonomi Umat (LEU)

Dari kegiatan SemNas Prospek Ekonomi Umat, Asy’ari Akbar menyampaikan informasi bahwa:

Saat ini telah terbentuk LEU, yang merupakan salah satu hasil Kongres Ekonomi Umat tahun 2017.

Lebih lanjut Asy’ari Akbar menambahkan, LEU saat ini fokus di pengembangan jaringan retail (pasar) LEU Mart, yang didukung oleh:

  1. PT. Infomedia Telkom sebagai penyedia layanan sistem IT,
  2. PT POS Logostik Indonesia sebagai penyedia layanan logistik,
  3. Bank BNI Syariah sebagai penyedia layanan sistem banking

Lembaga Ekonomi Umat (LEU) Mart

Dalam implementasinya, LEU Mart ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah cq. Kementerian Koperasi dan UKM serta Majelis Ulama Indonesia (MUI). Menurut Asy’ari Akbar,

LEU Mart merupakan salah satu hasil konkret Kongres Ekonomi Umat tahun 2017 dan berpotensi mampu mewujudkan kemajuan ekonomi umat Islam, yang notabene merupakan mayoritas di Indonesia. Asya’ari Akbar juga menyatakan Pondok Pesantren (Ponpes) Minhaajurroosyidiin yang merupakan salah satu Ponpes besar di Jakarta Timur, dengan jumlah santri sekitar 1500-an orang, sangat diharapkan untuk bisa menjadi mitra LEU Mart.

Kemitraan antara Ponpes Minhaajurroosyidiin dengan LEU Mart dimasa depan diharapkan bisa menjadikan kemandirian ekonomi yang kuat bagi Ponpes Minhaajurroosyidiin. Aaamiiin.

About the author: Staimi Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.